Kirim Pasukan ke Suriah, Arab Saudi Menjadi Yang Terdepan dalam Pemberantasan Terorisme

67ca3645-33e5-4000-9594-a29bfec7ed04Kerajaan Arab Saudi secara resmi menyatakan akan mengirim pasukan guna memerangi ISIS di Suriah. Melalui Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir menyatakan negaranya siap mengirim pasukan untuk melawan ISIS.

Arab Saudi yang sejak 2014 lalu tergabung dalam koalisi negara Islam untuk memerangi terorisme dunia telah mengambil peran yang sangat dominan, seperti yang dilakukannya di Yaman memadamkan pemberontakan Syiah Houthi terhadap pemerintahan Yaman dibawah presiden Abdurabbih Manshur.

Masuknya Arab Saudi ke dalam kancah pertempuran melawan ISIS sebenarnya telah berlangsung sejak lama, bahkan sebelum Arab Saudi terlibat konflik Yaman. Namun menurut otoritas militer Arab Saudi, serangan  terhadap ISIS waktu itu masih berupa serangan udara. Dan yang akan dilakukan Arab Saudi dalam waktu dekat ini adalah serangan darat sebagaimana dinyatakan oleh penasihat Menteri Pertahanan Saudi, Brigadir Jenderal Ahmed Asseri, ketika wawancara dengan Al-Arabiya TV dan dilansir Reuters, Jumat (5/2/2016).

Langkah yang akan ditempuh Arab Saudi untuk melawan ISIS di Suriah ini sekaligus membantah tuduhan dunia internasional bahwa Arab Saudi adalah gudangnya teroris dunia. Faktanya, justru Arab Saudi-lah yang terdepan dalam pemberantasan terorisme. Ketika negara-negara lain melawan teror yang dilakukan oleh ISIS hanya dengan kecaman, Arab Saudi melawan dengan tindakan nyata dengan mengirim pasukan militer berkekuatan penuh. Plus, untuk lingkup internal Arab Saudi, kita tentu masih ingat bahwa belum lama ini Arab Saudi mengeksekusi mati 47 narapidana kasus terorisme, termasuk seorang tokoh Syiah berkebangsaan Saudi.

 

Sumber:

http://serambiharamain.com/kirim-pasukan-ke-suriah-arab-saudi-menjadi-yang-terdepan-dalam-pemberantasan-terorisme/

Sebarkan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *